Kandungan dan Manfaat jeruk nipis

Jeruk nipis adalah buat yang dekat dengan kehidupan sehari hari kita. jeruk nipis banyak diolah sebagai makanan, atau bumbu penyedap dari masakan. Jeruk nipis sudah dikenal nenek moyang kita sejak berabad sialam. Banyak catatan kuno yang menuliskan kedahsyaran jeruk kecil berkulit hijau ini. Benar sekali, jeruk nipis sejak ratusan tahun lalu sangat berguna bagi kesehatan dan kehidupan sehari hari kita.

Kandungan jeruk NipisKandungan vitamin jeruk nipis

Kita tahu bahwa jeruk telah lama dikenal sebagai buah dengan rasa segar yang sangat kaya akan vitamin dan mineral. Sayangnya manfaat dari buah jeruk hanya dikenal sebagai sumber vitamin C saja. Padahal buah jeruk juga banyak mengandung gizi lainnya yang terdiri dari karbohidrat, potasium, folat, kalsium, thiamin, niacin, vitamin B6, fosfor, magensium, tembaga, riboflavin, asam pantotenat, dan senyawa fitokimia.

Karbohidrat ( istilah lain yang dikenal dengan serat makanan) sangat baik untuk kesehatan. Serat makanan in akan mengikat zat gizi didalam tubuh manusia, sehingga dapat membantu meperlambat proses pengosongan lambung serta proses pencernaan dan penyerapan. Karbohidrat juga membantu menurunkan kadar kolesterol dengan cara menganggu proses reabsorbsi asam empedu.
Vitamin yang paling dikenal dalam buah jeruk adalah vitamin C.

Hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa vitamin C dapat mencegah kenaikan LDL reroksida ( faktor penyebab berkembangnya penyakit jantung). Selain itu, vitamin C yang terdapat dalam buah buahan yang termasuk didalamnya adalah jeruk nipis dapat memberikan perlindungan tubuh terhadap kanker.

Buah jeruk yang kaya akan vitamin C, juga dapat memberikan efek pencegahan dan penyembuhan terhadap penyakit seperti pengeroposan tulang, asma, gangguan fungsi kognitif, dan batu ginjal. Tetapi sayangnya masih diperlukan riset lebih lanjut untuk membuktikannya.

Vitamin esensial larut air lainnya yang terkandung dalam jeruk adalah folat. Vitamin ini membantu produksi DNA dan RNA serta pematangan sel sel darah merah, yang pada akhirnya dapat mencegah anemia. Selain itu jeruk juga mengandung beberapa jenis mineral, salah satunya adalah potasium mineral esensial ini berperan memelihara keseimbangan asam dan air dalam tubuh dan menjaga tekanan darah normal.
Jeruk memiliki banyak manfaat.

Unsur yang terkandung dalam jeruk meliputi bagian kulit, daging buah, zat asam, dan biji. Diantara manfaat kulit jeruk ialah jika diletakkan pada pakaian dapat mencegah ngengat atau tunggau. Aromanya bisa menetralisir udara kotor. Apabila ditahan dimulut bisa mengharumkan atau mengurangi bau mulut tak sedap, serta membantu proses pencernaan jika digunakan dalam campuran makanan. Penulis kitab Al-Qanun mengatakan, “Perasan kulitnya dapat digunakan sebagai pembalut luka, abu dari kulitnya merupakan penggosok yang baik terhadap lepra.

Adapun daging buahnya bermanfaat untuk mengurangi panas perut. Juga bermanfaat bagi penderita penyakit empedu. Al Ghafiqi menuturkan , “Memakan dagingnya bermanfaat terhadap wasir atau sembelit.
Manfaat biji jeruk nipis.

Ibnu Marwaih mengatakan, Khasiat bijinya bermanfaat terhadap bisa (racun) yang mematikan, dengan cara meredam biji tersebut dalam air hangat. Kemudian air rendaman biji tadi diminum seukuran dua mitsqal ( dua timbangan ) masing masing seberat kira kira 25 gram. Juga akan sangat bermanfaat apabila biji tersebut dilumat dan diletakkan pada bagian tubuh yang terkena sengatan.
Selain itu biji jeruk nipis juga bermanfaat terhadap sengatan kalajengking, dengan cara meminum dua mtsqal air rendaman biji yang diperoleh dengan merendam biji tadi dalam air hangat. Juga bermanfaat jika ia dilumatkan dan diletakan pada tempat sengatan tersebut.

Buah jeruk merupakan sumber yang kaya akan vitamin C, namun untuk buah yang satu ini ternyata tidak hanya kaya akan vitamin C, tetapi juga zat zat yang lain yang menyebabkan buah ini banyak digunakan untuk pengobatan penyakit maupun untuk kecantikan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *